Jumat, 21 September 2012

Download Teori dan Contoh PTK

Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reasearc) merupakan salah satu bagian penting bagi seorang guru untuk dapat meningkatkan kinerjanya, mengevaluasi pelaksanaan pembelajarannya, pendekatan atau metodenya, bahan ajarnya, media pembelajaran, dan lain sebagainya. Melalui pelaksanaan PTK maka seorang guru akan selalu tanggap dengan permasalahan yang dihadapi siswanya dalam belajar, dan kreatif mencari solusi pemecahannya melalui sebuah tindakan.
Pada dasarnya, hampir semua guru sudah sering melakukan berbagai tindakan untuk mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh siswanya dalam proses pembelajaran. Namun yang sangat disayangkan adalah semua tahap-tahap yang dilalui guru untuk melakukan suatu tindakan perbaikan tidak pernah terekam dalam bentuk suatu catatan, sehingga tidak ada dokumen yang dapat dijadikan bukti tindakan perbaikan tersebut. Kendala utama memang adalah kurangnya motivasi guru untuk menuliskan apa yang dilakukannya, semua hanya terekam dalam memori pikirannya, sehingga ketika ada tuntutan bahwa guru harus bisa menulis untuk sebuah karya tulis ilmiah akan menemui kesulitan. Secara teoritis sebenarnya guru sudah cukup memahami bagaimana cara menyusun suatu karya ilmiah, namun sangat sulit bagaimana memulainya.
Postingan kali ini saya mencoba memberi sedikit solusi bagaimana memulai menyusun suatu karya tulis ilmiah khususnya karya tulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
  1. Cara pertama adalah dengan ATM (ambil, tiru, dan modifikasi).Cara ini memang kelihatannya tidak etis dilakukan, namun sebagai orang yang baru belajar kita masih butuh model atau patron yang sudah jadi untuk dijadikan acuan ditengah minimnya tenaga pembimbing di lingkungan kita. Hal terpenting untuk cara ini adalah kita harus selalu mencantumkan sumber yang digunakan.
  2. Ikuti dulu alur pada PTK yang sudah jadi, secara bertahap dan pelajari serta lakukan evaluasi bagian-bagian mana yang dianggap tidak sesuai dengan kondisi sekolah atau kelas kita. Lakukan sedikit perubahan atau modifikasi, sehingga tindakan yang kita lakukan sesuai dengan masalah dan kebutuhan siswa.
  3. Mulailah semua kegiatan ini dengan percaya diri, jangan takut salah atau merasa bahwa karya kita sangat jelek, karena secara perlahan perbaikan akan selalu kita lakukan jika draft karya kita sudah ada. Intinya bahwa tidak ada suatu karya tulis yang sempurna sama sekali, pasti dibagian-bagian tertentu akan ada kekurangannya, maka teruskan untuk menulis.
  4. Sering konsultasikan dengan pihak atau teman yang dianggap cukup mampu untuk memberi penilaian terhadap sebuah karya ilmiah.
Nah, untuk melengkapi postingan kali ini, maka silahkan unduh file-file berikut untuk menambah wawasan tentang teori PTK, serta pada bagian berikutnya silahkan unduh beberapa contoh PTK untuk menjadi perbandingan.
Teori PTK
Contoh Proposal PTK
 Contoh PTK
 Contoh Skripsi Berbasis PTK
 Semua contoh yang saya tampilkan bersumber dari www.4shared, terima kasih untuk sumber utama yang telah mengupload file-file tersebut, semoga bermanfaat untuk banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar